TES PENERIMAAN BIMBINGAN PRAKTIS AHLI – PART 14

logo-pertamina

Modul SITE VISIT RU ,HULU, AKAMIGAS !

(27 Oktober – 23 November 2014)

Kali ini, ceritanya kami akan menuju ke CEPU, di kabupaten Bloran Jawa Tengah tapi via darat dari Jakarta, wow…Ini pertama kali aku bener – bener dari Jakarta ke Cepu via darat, apalagi naik Kereta *hammer* Sulawesi blom ada kereta hihihiihihii, dengan kereta menuju ke CEPU namun kami mampir dulu di cirebon heheheee tapi endingnya nanti ke Surabaya kok tetap via darat….Keren kan. Melintasi pulau jawa dari Barat ke Timur, untung bukan dari timur ke barat *Sun gokong kali yee hehehheee*.

1433916279726Ini lagi didalam kereta bukan bus ya wkwkwkwkw

Dicirebon, kami mampir di Refinery Unit VI Balongan, disini kami diperkenalkan mengolah minyak mentah menjadi produk bensin, gas, avtur, pelumas, aspal dll, kami diajak mengenal peralatan canggih untuk mengolah minyak, namun aku gak boleh terlalu banyak ekspose foto terkait RU karena merupakan Objek Vital Nasional hehehehheee *Top Secret*, liat kita – kita aja ya hehehhee

site1 site2

site3

Abis site visit ke RU Balongan, karena di cirebon hanya sebentar, kami menyempatkan jalan – jalan, makan tahu gejrot, shalat di masjid Raya Cirebon dan Jalan ke Peninggalan sejarah,,spoiler berikut hihihihihih

site4 site5

Esoknya, kami site visit ke Pertamina Drilling Service, anak Perusahaan Pertamina khusus dibidang jasa pengeboran, jadi kali ini kami site visit ke lokasi pengeboran baru, dan letaknya juga di tengah sawah *hammer*. Berikut spoilernya yak, model diperankan oleh teman ane, bheck hihihhihihihihii

site6 site7

Setelah mampir ke Pertamina Drilling Service,. Segera bergerak cuss ke Cepu via darat tapi mampir ke Semarang dulu buat makan siang hihihihihihihiii *touchdown Semarang*, sorenya kami tiba di CEPU tepatnya di STEM AKAMIGAS (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas), tiba di STEM kami disambut oleh Bapak TNI mmmmm *kewiraan Part2*, turun dari bus. Angkut barang masing – masing, baris rapi trus Apel Malam *Sambutan* abis itu pembagian kamar (3 org sekamar), karena kamar mahasiswa STEM lagi penuh sehingga kami ditempatkan di Villa Tamu, menurutku ini mirip hotel bintang 3 *Alhamdulillah*

Lingkungan di STEM, antara Lokasi Penginapan Mahasiswa *termasuk kami* dengan lokasi ruang belajar jaraknya lumayan jauh sehingga untuk menuju ke ruang belajar ditempuh dengan berjalan kaki serta berbaris rapih. Oh iya tujuan kami ke STEM Akamigas untuk belajar mengenai produk Minyak dan Gas terkait spesifikasi dan tentu saja kedisiplinan. Ngomong tentang kedisplinan bahwa tiap pagi, kami diwajibkan untuk Senam Pagi setelah abis shalat subuh, setelah itu mandi dan sebelum sarapan berbaris rapih dulu menuju ruang makan. Makanan di STEM enak loh dibandingkan dengan makanan hotel di PCU, mungkin karena STEM lebih kepada makanan rumah *rindu masakan Ibu* jadi berasa lebih enak dibanding makanan hotel. Setelah sarapan, baris rapih dan jalan kaki menuju ke ruang kelas sambil nyanyi,,keren kan. Nyanyi sambil jalan berbaris menuju ruang kelas dengan jarak yang agak lumayan dibawah sinar terik matahari dengan suhu diatas rata2 *Cepu is Veryyyy Hot*, nah sampai di lingkungan STEM belom boleh masuk dulu, mesti Apel Pagi dan Komandan Upacara bergantian, ane kena jatah *hammer* soalnya nama ane huruf “A” hurus “Z” enak gak kebagian hihihihihihihiii. Dan cara meletakkan tas dan topi ada aturannya *hammer* mesti serempak *sempak amat cuy hehehheee*, setelah apel pagi dipersilahkan masuk ruang belajar, satu satu cuy baris rapih. Keringat pasti, tapi sebelum mulai belajar, lap keringat dulu jadi mesti bawa handuk kecil ya heheheheee.

Oh iya, ritual di STEM pasti dibotakin lagi hihihiihhihiii, dan difoto buat kartu mahasiswa STEM

site9 site10

Esoknya, setelah cukur rapi maka selanjutnya Opening Ceremony, penyambutan kami sebagai mahasiswa STEM selama 2 Minggu

site11

Abis opening ceremony, dilanjutkan dengan belajar, ada banyak materi disini termasuk LAB, materi managemen transportasi, materi produk Minyak dan Gas, dll. Dan satu hal yang tak terlupakan bahwa akan ada ujian tiap materi. Oh iya disini juga ada materi tentang listrik (jurusan ane, alhamdulillah dimudahkan), ada juga materi teknik sipil dan arsitektur, mesin berat dll, berasa kita satu angkatan berbeda – beda jurusan, elektro, mesin dan sipil diharuskan mengenal jurusan masing – masing hehhehehee. Rutinitas disini berupa, senam pagi, sarapan, baris berbaris berangkat ke ruang belajar, apel pagi, belajar, balik ke penginapan mahasiswa, sorenya terserah mau ngapain, kenalan dengan cewek STEM Akamigas juga boleh tapi jarang cewe hehehee,,,kalo sore biasanya kau main tennis aja,,mumpung ada  2 Lapangan Tenis, ada juga lapangan voli, kalo gak suka olahraga ya,,keluar jalan ke MALL aja (indomaret) hihihihihihihii, malamnya mesti ada apel malam, dan komandan upacara mesti ganti tiap hari hihhiihiiii, tapi ceramahnya kalo malam lamaaaaaaaaaaa….sampai – sampai nyamuk itu udah bosen gigit kita *hammer*, abis itu belajar buat ujian besok hehehehehee, boleh keluar malem tapi sebelum apel malam harus sudah balik lagi, apel malam jam 9 uhukk hehehehe. Ini aku tampilkan beberapa kegiatan di STEM akamigas berikut spoilernya

17a9690d3dda07cc1fb54763f54dd1d5_200x266 7724151b8a1f3128369850d6d7c57672_200x266

d83ae29a504044b8162a152c2ea53b55_200x266 ee3c4c062401f0b81336a41d286640f5_300x211

Oh iya selama di CEPU kami site visit ke Pengeboran Modern dan Konvensional,,cekidott

site15 site16
site17 site13

Kalo Sabtu tetap masuk belajar ya, Minggu biasanya Kami diajak keluar buat refreshing, kalo minggu pertama kami diajak ke tempat wisata bahari lamongan “Maharani zoo & goa”, minggu berikut diajak makan ke ayam kapuan, *puas* credit to Pak Hanardono

site18 site19

site20

Setelah abis menyegarkan otak, balik lagi ke STEM untuk menimba ilmu, materi then ujian dst. Tibalah saatnya untuk pembagian tempat OJT, tanggal 19 November 2016. Hari itu begitu mendebarkan, karena ada bocorannya bahwa akan ada penempatan OJT di MOR VII (Maluku dan Papua), dan biasanya tempat OJT bakalan jadi penempatan kerja nanti *hammer*. Jeng jeng,,jeng jeng *musik dunia lain* dan aku kebagian TBBM Baubau tepatnya di Pulau Buton Sulawesi Tenggara, merupakan TBBM terbesar di MOR VII (Sulawesi) *wow*. Setelah clear penempatan OJT, maka selanjutnya kami menuju ke Surabaya via darat. Namun kami mampir dulu ke PLN – PJB (keren tempatnya) hanya numpang shalat jumat hehehehe dan Pertamina Aspal Gresik dan Pelumas .

site23 site22

site21

And we did it, touch down to Surabaya. Nginap beberapa hari dikota Sura dan Buaya for a few couple days, explore surabaya….

site24 site28
site27 site25

dan selanjutnya it’s time to say good bye….cus ke tempat OJT masing masing *hikssss*