Tips & Trik Tes Interview

interview

Perlu Anda ketahui, wawancara kerja atau interview kerja merupakan satu hal yang sangatlah penting yang harus Anda pahami. Jangan sampai Anda salah dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pihak pewawancara, karena salah sedikitpun Anda dalam memberikan jawaban, maka fatalah akibatnya. Dan berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang dilengkapi dengan jawaban yang tepat yang bisa Anda berikan

Sedikit saya mau berikan tips buat menghadapi tes interview user dan HR ini

  • Sebelum berangkat ke lokasi tes, minta doa restu orang tua dan keluarga termasuk kakak ataupun adik-adik kalian biar interviewnya lancar dan berkah.
  • Sebelum memasuki ruangan ketuk pintu dan beri salam, nah setelah itu jabat tangan para interviewer (jangan seperti saya lupa jabat tangan mereka *fail*) dan jangan duduk dulu kalo belum dipersilahkan juga kalo sudah lama nunggu tapi tidak kunjung dipersilahkan duduk maka tanyakan boleh saya duduk?.
  • Tatap mata interviewer !! Jangan matanya kemana-mana, nanti dikira jawabannya tidak jujur.
  • Percaya diri, ini penting (waktu saya dulu rumus silinder salah jawab 1/2xAxT *lemparbata* tapi saya tetap pede dalam menjawabnya hahahaaa)
  • Jangan sok tahu, nah ini juga penting (dulu ditanya rumus lingkaran karena ragu jadi saya jawab “tidak tau pak” trus langsung saya tanyain jawabannya *it’sallaboutinisiative*)
  • Tunjukkan motivasi, kalo ditanya pertanyaan kenapa? Jelaskan? Atau bagaimana? Jawab dengan menunjukkan motivasi kalian.
  • Keep calm, alias tenang. Dalam menjawab pertanyaan tetap tenang, santai, slow but sure dan usahakan suara kalian terdengar agak keras (dulu saya malah setengah teriak *ngakak* biar dianggap energik apalagi interviewnya siang ngatuk bli…)
  • Jual diri, ceritakan skill dan prestasi kalian atau kalo tidak pengalaman organisasi biar kalian mempunyai value bagi interview. Disinilah yang membedakan anda dengan peserta lainnya.

  • Terakhir, jangan out of topic dalam menjawab, usahakan menjawab tepat sasaran jangan terlalu panjang lebar dan terkesan menyombongkan diri atau menjatuhkan orang ataupun perusahaan lain.

Berikut contoh-contoh pertanyaan wawancara, baik digunakan untuk latihan : DOWNLOAD DISINI atau DISANA

Catatan : Klik Download kemudian tunggu selama 5 detik/seconds Lalu Klik SKIP/LEWATI pada pojok kanan atas

Dan berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang dilengkapi dengan jawaban yang tepat yang bisa Anda berikan, yaitu sebagai berikut:

1. Ceritakan tentang diri anda!

Pertanyaan ini pastinya akan sering muncul ketika Anda tengah menjalani sesi wawancara kerja. Anda harus mempersiapkan jawaban yang tepat, terbatas pada bidang pekerjaan yang memang Anda kuasai sebelumnya. Mungkin Anda juga bisa membicarakan terkait karir Anda sebelumnya, prestasi yang pernah Anda raih, hobi, bahkan aktivitas terakhir yang Anda jalani.

2. Kenapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan positif. Walaupun Anda berhenti dikarenakan adanya masalah dengan pihak perusahaan atau rekan kerja Anda di pekerjaan sebelumnya, namun jangan sampai Anda menceritakan permasalahan tersebut kepada pewawancara. Anda bisa mengatakan kalau saat ini Anda ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik atau peluang melakukan sesuatu yang istimewa dalam karir anda.

3. Apakah anda menganggap diri anda sukses?

Jika Anda diberi pertanyaan seperti ini, maka jawablah selalu dengan kata ‘IYA’ dan antusias untuk pertanyaan yang satu ini. Anda bisa menjelaskan terkait keberhasilan yang pernah Anda capai dalam kehidupan Anda terutama dalam bidang karir.

4. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Pertanyaan ini bisa Anda jawab jika Anda telah melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu terkait perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa memberikan jawaban terkait aktivitas perusahaan tersebut, misalkan seperti produk yang dijual atau sistem pemasaran dari perusahaan yang Anda lamar tersebut.

5. Apa yang telah anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan anda terakhir ini?

Berikan jawaban terkait ragam kegiatan Anda yang positif yang memang telah Anda lakukan, dan pastinya yang berhubungan dengan dunia karir.

6. Kenapa anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?

Anda harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan ini, sebab ketika Anda akan menjawab pertanyaan tersebut Anda sangat memerlukan pengetahuan terkait perusahaan serta karir jangka panjang yang ingin anda raih.

7. Berapa gaji yang anda harapkan?

Pertanyaan ini memang terlihat mudah, namun sulit untuk Anda menjawabnya, sebab sangatlah sensitif. Oleh karena itu, Anda jangan menjawab pertanyaan ini. Mungkin Anda bisa mengatakan sambil tersenyum, “Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?” Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan. Jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Itu pun masih kisaran saja, jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda.

Ini cerita pengalaman pribadi dalam menghadapi tes interview  :  PLN >>DOWNLOAD DISINI atau PERTAMINA>>DISANA

Catatan : Klik Download kemudian tunggu selama 5 detik/seconds Lalu Klik SKIP/LEWATI pada pojok kanan atas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s