Tips & Trik Seleksi Administrasi

adm

Seleksi Administrasi adalah tahap awal yang harus Anda lewati ketika Anda melamar kerja dimanapun Anda melamar kerja. Biasanya pada proses recruitment khusurnya seleksi administrasi ini, Anda diminta mengisi sebuah form/atau formulir yang di isi dengan data pribadi Anda terbaru. Untuk proses recruitment biasanya pengisian formulir lamaran kerja dilakukan secara online ketika Anda mengikuti job expo atau job fair di daerah Anda masing-masing.

Sekarang bagaimana agar lulus proses recruitment ini? berikut saya akan uraikan tipsnya kepada Anda sehingga meminimalisir kemungkinan Anda tidak lulus seleksi administrasi.

1. Pastikan sebelum melamar bahwa Anda sesuai kualifikasi
Terlalu banyak jobseeker (pencari kerja) yang berbondong-bondong melamar kerja. Namun mereka tidak begitu teliti membaca syarat dan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan saat mengadakan recruitment. Padahal, ada beberapa syarat atau kualifikasi yang diinginkan perusahaan tersebut belum sesuai dengan para jobseeker. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Anda tidak lulus seleksi Administrasi.

2. Teliti saat mengisi data pribadi Anda
Ketelitian merupakan hal penting apalagi Anda adalah calon karyawan. Saran saya sebelum Anda mengisi formulir lamaran, baca keterangan-keterangannya. Setelah itu isilah perlahan mengenai data pribadi Anda yang terbaru dan usahakan dengan tulisan yang mudah dibaca. Jika Anda memiliki pengalaman kerja uraikan semua pengalaman Anda dari awal perjalanan karir Anda. Karena itu merupakan hal penting yang akan menjadi penilaian saat Anda di wawancarai. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate kolom pengalama kerja tidak perlu diisi. Lakukan pengisian formulir lamaran kerja dengan data diri Anda yang sejujurnya, sehingga jika Anda nanti lulus ketahap berikutnya, data yang Anda isi pada formulir lamaran akan ditanyakan saat wawancara kerja.

3. Koreksi kembali formulir lamaran Anda
Sebelum Anda submit formulir lamaran kerja Anda (jika mengisinya secara online) atau memberikan formulir lamaran kerja ke panitia recruitment, alangkah baiknya jika Anda koreksi kembali apa yang Anda isi pada formulir tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pengisian pada formulir lamaran. Kesalahan pengisian formulir lamaran juga perpengaruh terhadap kelulusan Anda untuk mengikuti proses seleksi ke tahap berikutnya, karena dapat dinilai bahwa Anda orang yang tidak teliti dan orang yang tidak teliti sangat fatal untuk masuk kedalam perbankan.

4. Tulislah resume/ CV yang outstanding, tidak umum, dan membuat Anda berbeda.

Tunjukkan kelebihan yang Anda miliki dan sesuai dengan posisi yang dilamar

5. Lampirkan pas foto yang berkesan.

Untuk wanita harus terlihat dan merasa dirinya cantik, sedangkan untuk pria terlihat bangga dengan dirinya. Usahakan foto anda memiliki kesan tersebut hanya dengan sekali lirik. Pasti banyak sekali orang-orang yang mengajukan berkas lamaran, sehingga perusahaan hanya melihat sepintas lalu dalam menyortir lamaran. Kesan pertama yang penting, Anda harus membuat perusahaan melirik Anda dan ingin mengetahui lebih banyak tentang diri Anda.

Ini contoh kumpulan berbagai contoh CV:  DOWNLOAD DISINI atau DISANA

Catatan : Klik Download kemudian tunggu selama 5 detik/seconds Lalu Klik SKIP/LEWATI pada pojok kanan atas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s