PENERIMAAN KARYAWAN PT. PLN (Persero) PART 3

untitle11d

Tes Akademik dan Bahasa Inggris !

Tes Akademik dan Bahasa Inggris atau disingkat tes akding berlangsung 2 hari yaitu tanggal 6 Juni dan 7 juni 2014. Jadi biasanya pengumuman dari tes sebelumnya ke tes selanjutnya kira-kira 3 hari. Hari pertama tes akademik, berhubung karena saya alumni teknik elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang maka soal akademiknya berhubungan dengan elektro. Jadi soal D3 dan S1 sama, waktu itu soal akademik PLN banyak menyinggung tentang transmisi dan distribusi walaupun saya D3, alhamdulillah masih banyak soal S1 yang saya ketahui. Dari 50 soal, saya menjawab 32 yaaa walaupun banyak kosong tapi saya tetap optimis poin akademik saya tinggi soalnya waktu kuliah sering masuk (tetap saya bodoh *lemparbata*). Karena sistem peniliannya benar +4, salah -1 dan tidak menjawab 0 maka kita harus benar-benar yakin dalam menjawab soal tersebut soalnya jawabnya hampir sama semua. Sekedar info saja, soal perhitungannya susah maka saya sarankan perkuat di teori saja karena lebih banyak soal teori dibanding soal perhitungannya.  Sedikit mereview peserta tes pada hari itu, sebelumnya pesertanya 1546  orang yang mengikuti GAT kemudian menjadi 552 peserta, artinya ada hampir 1000an peserta yang di-cut *hammer*. Lumayan banyak kan yang di-cut untuk tes sebelumnya ! Sedikit saya bagikan tips dalam menghadapi soal akademik PLN :

  1. Pelajari kembali materi-materi kuliah kalian, terutama tentang teori. Kalau kalian jurusan teknik elektro maka saya menyarankan untuk mempelajari transmisi dan distribusi serta pengaman.
  2. Tetap fokus dalam mengerjakan soal, hati-hati karena jawabnnya hampir mirip maka baca berulang-ulang agar meminimalisir kesalahan.
  3. Jangan curang !! Sayangkan kalo pekerjaan kalian tidak diperika karena melakukan kecurangan, sia-sia perjuangan dar awal.
  4. Pengalaman saya, pasti ada teman yang minta jawaban dan itu sangat menggangu, saran saya cuekin saja tetap fokus.
  5. Terakhir, banyak berdoa agar dimudahkan dan diingatkan kembali pelajaran waktu kuliah oleh Sang Ilahi.

Ini saya akan membagikan gambaran tentang soal AKADEMIK PLN Bidang Elektro : DOWNLOAD DISINI atau DISANA atau DISITU

Catatan : Klik Download kemudian tunggu selama 5 detik/seconds Lalu Klik SKIP/LEWATI pada pojok kanan atas

Keesokan harinya, hari kedua tanggal 7 Juni 2014 diadakan tes bahasa inggris jenis tes bahasa inggrisnya TOEFL, catat baik-baik TOEFL bukan TOEIC. Jadi TOEFL itu lebih sulit 5 kali lipat *ngakak* dibanding TOEIC, karena TOEFL banyak kata-kata asingnya karena berorientasi pada bahasa kampus sedangkan TOEIC lebih berorientasi pada lingkungan kerja. TOEFL terdiri dari listening + Error recognation + Reading. Rinciannya Listening 50 soal terdiri dari 3 bagian. Error Recognation terdiri dari 40 soal dan reading terdiri dari 50 soal. Bagian tersulit disini adalah listening karena selain bukan bahasa indonesia *ngakak* alias bahasa asing yang diperdengarkan juga speednya yang lumayan kencang bila dibandingkan dengan listening TOEIC. Kenapa saya sering membandingkan TOEFL dengan TOEIC karena saya sudah tes TOEIC pada waktu mengikuti salah satu perusahaan minyak milik negara (alhamdulillah lolos) dan saya juga sudah mempostingnya pada postingan yang lalu. Untuk memudahkan kalian dalam mengerjakan tes TOEFL ini maka saya akan membagikan link software untuk latihan TOEFL, jadi software ini lengkap alias komplit sudah termasuk (Listening + Error Recognation + Reading) dan akan ditampilkan score yang akan kalian peroleh setelah mengerjakan soal-soal tersebut. Sedikit saya bagikan tips dalam mengerjakan TOEFL :

  1. Tetap fokus dalam mengerjakan soal TOEFL terutama pada listening karena bagian inilah yang tersulit dan hanya 1 kali tidak akan diulang.
  2. Karena sistemnya tidak menggunakan sistem salah -1 maka sebaiknya jawaban kalian diisi semua karena untungkan jika kalian menebak benar *ngakak*
  3. Perbanyak latihan mengerjakan soal toefl sebelum tes karena akan mempermudah kalian untuk manajemen waktu soalnya waktunya tidak banyak.
  4. Untuk Error recognation terkadang sesi inilah yang paling lama kita kerjakan (pengalaman pribadi) sehingga bagian reading akan sedikit terabaikan dan hanya menyisakan sedikit waktu untuk mengerjakan soal reading jadi diusahakan untuk tidak menghabiskan waktu pada bagian ini.
  5. Terakhir, banyak berdoa dan tetap focus pada tes.

Ini saya akan membagikan software (Listening + Reading = Complete) untuk soal BAHASA INGGRIS (TOEFL) PLN : DOWNLOAD DISINI atau DISANA atau DISITU

Catatan : Klik Download kemudian tunggu selama 5 detik/seconds Lalu Klik SKIP/LEWATI pada pojok kanan atas

Good Luck….Berikut tes psikologi dan FGD !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s